Loading...

Pom Lantamal V Bantu Penyekatan Mudik dan Satgassus Covid-19

Selasa : 18 Mei 2021 : 14:30:04 Editor: Heri Setiawan
Pom Lantamal V Bantu Penyekatan Mudik dan Satgassus Covid-19
Anggota Pom Lantamal V ketika membantu pelaksanaan penyekatan mudik lebaran di Pos Suramadu. Foto: Dok Pom Lantamal V

SENTRALONE.ID | SURABAYA - Dalam rangka membantu kebijakan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Virus Covid - 19, Pom Lantamal V turut serta dalam Satuan Tugas (Satgas) penyekatan Mudik Lebaran dan Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Covid-19.

Danpom Lantamal V, Letkol Laut (PM) Nurul Fatta Lubis menjelaskan, kegiatan itu berlangsung dari tanggal 15 - 17 Mei 2021 di beberapa titik penyekatan di Surabaya, Senin (17/05/2021).

Nurul menerangkan bahwa kegiatan itu merupakan bentuk respon Pom Lantamal V terkait kebijakan pemerintah, pimpinan TNI mengeluarkan Surat Telegram dan Perintah diantaranya Surat Telegram Panglima TNI Nomor : ST/336/2021, tentang pelarangan mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Surat Telegram Kasal Nomor : 473/SOPS/0421, tentang Peniadaan mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan Perintah Danpuspomal tentang Peniadaan mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan Upaya Pengendalian Covid-19.

"Dasar tersebut diatas yang melatar belakangi keterlibatan Pom Lantamal V dalam upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19," kata Letkol Laut (PM) Nurul Fatta Lubis, Selasa (18/5/2021).

Salah satu titik penyekatan menurut Letkol Nurul adalah di Pos Suramadu.

"Pom Lantamal aktif dalam pemeriksaan kendaraan di Pos Suramadu, bagi yang tidak dapat menunjukkan kelengkapan surat-surat diperintahkan putar balik dan yang memenuhi surat kelengkapan diijinkan melanjutkan perjalanan baik yang akan keluar masuk pulau Madura atau yang ke Surabaya," jelasnya.

Pom Lantamal V ditambahkan Letkol Nurul juga melaksanakan patroli gabungan operasi yustisi dengan sasaran pemeriksaan kelengkapan identitas diri, kelengkapan surat kendaraan.

"Dan yang tidak kalah penting dalam penerapan protokol kesehatan 3 M, di antaranya pemakaian masker," tukasnya.(her)

Berita Terkait