Loading...

Penyandang Disabilitas Fisik dari Sidoarjo Ternyata Kuliah di UNESA

Sabtu : 11 September 2021 : 14:05:16 Editor: Ning Tiaz
Penyandang Disabilitas Fisik dari Sidoarjo Ternyata Kuliah di UNESA
Damara bersama Arzeti Bilbina dan Neng Sasha

SENTRALONE.ID | SIDOARJO - Kekurangan fisik ternyata tidak membuat seseorang berhenti belajar untuk mengasah otaknya. Hal tersebut sama dengan yang dialami Damara Gesatristya seorang mahasiswa UNESA jurusan Tehnik Informatika.

Dikisahkan Anis Kustiya ibunda Damara, kemauan dan kemampuan Damara membuatnya terus memperjuangkan anaknya yang mempunyai fisik tidak sempurna.

"Dari kecil hingga sekarang, Damara adalah anak yang tidak pernah patah semangat. Dengan kondisi fisiknya itu, dia tidak pernah minder atau berkecil hati, malah temannya banyak yang menyayanginya," ujarnya.

Saya dan suami sangat bersyukur mempunyai anak seperti Damara yang tidak merepotkannya ini. Dia selalu mandiri, apapun yang dikerjakannya, dia berusaha untuk mengerjakannya sendiri, tuturnya.

Sementara Trisno Utomo selaku ayahnya Damara juga menambahkan, Damara memang luar biasa. Mulai SD hingga SMA selalu masuk negeri.

"Awal gurunya sempat bingung karena Damara ini bukan anak yang sedang-sedang saja meski disabilitas. Akhirnya setelah di tes IQ, menunjukkan diatas rata-rata. Akhirnya kami sebagai orang tua memasukkan ke sekolah negeri. Dan saat ini, Damara tercatat sebagai mahasiswa di UNESA jurusan Tehnik Informatika," tuturnya.

Lanjut Trisno, kebetulan hari ini (11/9/2021) ada serbuan vaksinasi di GOR, menjelang pembelajaran tatap muka di UNESA awal Oktober nanti, persyaratannya harus divaksin, jadi kami mengantar Damara ke GOR. Dan kebetulan ketemu ibu Arzeti Bilbina dan ibu Bupati Sidoarjo.

Sebelum mengakhiri obrolannya, Trisno berpesan kepada para orang tua yang mempunyai anak disabilitas, kalau bisa jangan disembunyikan karena dengan begitu, seorang anak akan mempunyai rasa bangga terhadap orang tuanya.

"Meski ada rasa capek, namun saya bersama istri tetap mendampingi dan membimbing Damara agar menjadi anak hebat berbakti kepada orang tua dan berguna bagi bangsa dan Negara," pungkas Trisno.(tyaz)

Berita Terkait