Loading...

337 Taruna AAL Ikuti Pelaksanaan Ujian Karate

Senin : 08 November 2021 : 16:32:32 Editor: Ning Tiaz
337 Taruna AAL Ikuti Pelaksanaan Ujian Karate
Taruna AAL ikuti ujian karate

SENTRALONE.ID | SURABAYA - Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL), Mayjend TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr (Han), membuka pelaksanaan Ujian Kenaikan Tingkat Karate Inkai 2021 Affiliasi Pusat AAL, yang diikuti sebanyak 337 Taruna AAL digelar di Indoor Sport Jala Krida Raga, Kesatrian AAL Bumimoro, Surabaya, Senin (8/11/2021).

Sebelum pelaksanaan ujian dimulai, 104 Taruna Tingkat IV Angkatan ke-67, 110 Taruna Tingkat III Angkatan ke-68 dan 123 Taruna Tingkat II Angkatan ke-69, terlebih dulu diajak menyaksikan kebolehan para prajurit penerjun dari Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir melaksanakan terjun payung dan happy landing di lapangan Banda AAL.

Gubernur AAL dalam amanatnya menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat datang kepada Ketua Umum Inkai Jatim, Sensei H. Syahrullah, dan Shihan Kadar Harijanto, S. Sos., selaku Koordinator penguji yang sudah berkenan hadir meluangkan waktu pada acara ujian kenaikan tingkat kali ini.

Menurut orang nomor satu dijajaran AAL ini, kenaikan tingkat bagi para Taruna dan karateka bukan merupakan hadiah atau pemberian begitu saja, tetapi perlu adanya kerja keras semangat dan kemauan yang tinggi untuk dapat meraihnya. Gubernur AAL memerintahkan agar seluruh Taruna melaksanakan ujian kenaikan tingkat dengan penuh semangat, percaya diri dan pantang menyerah.

“Tunjukkan kemampuan kalian sesuai dengan materi latihan yang sudah diajarkan pelatih, sehingga dapat meraih hasil yang maksimal dan membanggakan,” pintanya.

Sementara itu Ketua Umum Inkai Jatim, Sensei H. Syahrullah membenarkan bahwa kenaikan tingkat bukanlah hadiah, tapi harus dilakukan dan diperjuangkan, sehingga ia menegaskan agar para Taruna focus dalam menjalani ujian kenaikan tingkat ini.

Menurutnya, sasaran yang diharapkan pelatih dalam ujian ini yaitu, para Taruna mampu menguasai teknik gerakan Dasar Karate (Kihon) yaitu gerakan teknik dasar karate yang meliputi tangkisan, pukulan dan tendangan. Kumite Dasar (Gohon Kumite) yaitu, teknik perkelahian dasar dengan mengaplikasikan pukulan, tangkisan dan tendangan.

Selain itu lanjutnya, diujikan juga Kata Heian Shodan (Kata 1), Heian Nidan (Kata 2) adalah teknik dasar yang dirangkai secara sistematis yang menghasilkan kombinasi teknik tangkisan dan balasan efektif dan memiliki nilai seni bela diri yang natural dengan benar.

“Selesai ujian kenaikan tingkat ini, Taruna akan menyandang tingkatan sabuk lebih tinggi dan dapat mengaplikasikan teknik-teknik karate yang diberikan dengan benar,” terangnya.

Turut hadir pada ujian kenaikan tingkat karate kali ini Wakil Gubernur AAL, Laksma TNI Rudhi Aviantara, S.E., M.Si., M.Tr (Han)., CHRMP., Setlem AAL, Laksma TNI Syamsul Rizal, S.H., M.M., CHRMP., beserta Pejabat Utama AAL, para Penguji dari Inkai Jatim dan perwira Resimen lainnya.(tyaz)

Berita Terkait