Loading...
Peralihan TV Analog Ke TV Digital

Kadis Kominfo Jatim, Ingatkan Migrasi TV Analog ke TV Digital Dimulai per 30 April 2022

Jumat : 22 April 2022 : 00:00:12 Editor: Redaksi
Kadis Kominfo Jatim, Ingatkan Migrasi TV Analog ke TV Digital Dimulai per 30 April 2022
Kadis Kominfo Jatim, Hudiyono saat memberikan sosialisasi pengalihan saluran TV dari analog ke digital.

SENTRALONE.ID | SURABAYA - Menjelang migrasi TV analog ke TV digital tahap satu yang di mulai pada Sabtu (30/4/2022) mendatang, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Timur gencar memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

Kepala Diskominfo Jatim, Hudiyono menyampaikan, realisasi TV digital di Jatim akan dibagi ke dalam tiga tahap. Tahap pertama menyasar 9 kabupaten/kota. Di antaranya Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Banyuwangi, dan Madura.

"Kita berharap masyarakat nanti tidak kaget, karena per 30 April 2022 nanti untuk sembilan kabupaten di Jatim mulai dialihkan saluran TV-nya dari analog ke digital. Karena itu kita terus memberikan sosialisasi," jelasnya dalam kegiatan forum dialog khusus dengan tema Peluang dan Tantangan Siaran TV Digital Jawa Timur, Kamis (21/4/2022).

Hudiono menambahkan, peralihan menuju siaran digital diperlukan, sebab penggunaan siaran analog merupakan pemborosan frekuensi. Perbandingannya, untuk siaran analog satu frekuensi akan ditempati oleh satu stasiun TV. Sedangkan dengan siaran digital, satu frekuensi bisa ditempati oleh 6-12 stasiun TV.

Ilustrasi tampilan TV Digital 

"Respon masyarakat Jatim sangat bagus dan antusias terhadap adanya migrasi ini, walaupun ada sedikit keraguan karena masyarakat harus memiliki STB (set top box, red) sendiri di luar STB yang digratiskan bagi rumah tangga miskin," ungkapnya.

Lebih lanjut, mantan Kepala Biro Kesra ini mengimbau agar masyarakat di 9 Daerah di Jawa Timur nantinya segera beralih dan mendapatkan manfaat dari TV digital. “Siaran TV Digital lebih bersih gambarnya, jernih suaranya, canggih teknologinya, dan banyak programnya. Paling penting, tetap gratis menontonnya,” kata pejabat yang pernah menjadi Pj Bupati Sidoarjo ini.

Secara bertahap, kata Hudiyono, Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Komisi Penyiaran Indonesia Daerah akan menyalurkan bantuan Set Top Box (STB) DVBT2 bagi warga tidak mampu. Set Top Box ini merupakan alat untuk mengubah TV lama dapat menangkap siaran TV digital. “Sebelum 30 April nanti, kami upayakan set top box tv digital ini bisa terkirim gratis ke masyarakat tidak mampu,” pungkasnya.

Peralatan Set Top Box (STB) DVBT2 TV Digital.

Laku bagiamana Cara beralih ke TV Digital ?
Beralih ke siaran TV Digital itu mudah. Pertama adalah memeriksa pesawat televisi masing-masing. Lakukan saja scanning (pemindaian) ulang program siaran. Pesawat televisi yang sudah ada tuner standar DVBT2 di dalamnya, otomatis televisi digital bisa menangkap dan menayangkan program-program siaran TV Digital. 

Namun, setelah lakukan pindai (scanning) ulang program, dan siaran yang ada di televisi masih sama dengan sebelumnya, berarti pesawat televisi masih analog. Siaran TV Digital itu gambarnya benar-benar bersih dan suaranya canggih. Jadi bila gambarnya masih sama dengan sebelumnya, bisa dipastikan siaran TV digital belum tertangkap. 

Pesawat TV analog memerlukan alat tambahan bernama Set Top Box (STB) DVBT2 agar bisa menangkap sinyal TV Digital. Setelah STB dirangkaikan dengan televisi lama atau tabung, siaran TV digital akan tertangkap di pesawat televisi. 

Untuk mengetahui lebih rinci tentang kekuatan sinyal, jumlah multipleksing dan jumlah stasiun/program yang sudah bersiaran di sebuah daerah, masyarakat dapat mengunduh aplikasi ‘sinyaltvdigital’ yang tersedia di iOS/ Android. */dik