Loading...
Diduga Menghilang Misterius

Empat Unit BB Alat Berat di Mapolsek Giri

Jumat : 06 Mei 2022 : 09:51:44 Editor: Heri Setiawan
Empat Unit BB Alat Berat di Mapolsek Giri
Dua alat berat hasil penindakan tambang ilegal yang masih terparkir di halaman Mapolsek Giri, Polresta Banyuwangi, Rabu (4/5/2022). Foto: Agus M. Saputra/sentralone.id

SENTRALONE.ID | BANYUWANGI - Empat unit alat berat (Backhoe) yang diamankan penyidik satreskrim Polresta Banyuwangi hasil dari penindakan pertambangan diduga ilegal yang dititipkan di halaman Mapolsek Giri di Jalan Mawar, Mojopanggung, Banyuwangi, Boyolangu, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, saat ini sudah tak nampak terlihat lagi alias raib.

Sementara itu, dari penelusuran dilapangan, oleh Eko sebagai petugas polisi yang jaga di SPKT Polsek Giri, Polresta Banyuwangi, menyebutkan bahwa barang bukti tersebut sudah dikeluarkan dari halaman Mapolsek Giri pada Senin 28 Maret 2022 oleh penyidik satreskrim Polresta Banyuwangi.

"Diambil mas dari kejaksaan karena sudah selesai sidang, langsung ke Polres aja mas ke Pidsus," ujar Eko kepada wartawan sentralone.id pada Rabu (4/5/2022).

Sekedar diketahui, Empat dari enam unit alat berat yang diparkir di halaman Mapolsek Giri tersebut merupakan barang bukti penambangan yang diduga ilegal milik penambang berinisial YN yang berada di Desa Kajarharjo, Kecamatan Kalibaru, pada Rabu 2 Maret 2022, dengan dua unit adalah diduga milik dari penambang berinisial PI alias CI di Desa Gambor Kecamatan Singojuruh pada Senin 7 Maret 2022. Sedangkan dua unit, serta dua alat berat sitaan dari hasil penindakan Ditreskrimsus Polda Jatim masih terlihat berada di Mapolsek Giri.  

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Banyuwangi Kompol Iwan Hari Poerwanto ketika dikonfirmasi terkait proses hukum penambang ilegal di Desa Gambor menjelaskan bahwa untuk proses tindak pidana tersebut masih lanjut dan sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Banyuwangi.

"Kejaksaan mas, sudah tahap dua," kata Iwan, Rabu (4/5/2022). 

Namun, saat disinggung soal menghilangnya alat berat dari halaman Mapolsek Giri, apakah dalam pelimpahan berkas ke kejaksaan alat berat tarsebut tidak diikut sertakan sebagai barang bukti, Kompol Iwan merasa disudutkan atas pertanyaan wartawan dan menyarankan agar supaya klarifikasi langsung kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU).

"Pertanyaanmu kenapa menyudutkan penyidik, tanya saja ke JPU," ketusnya.

Terpisah, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Banyuwangi Margiono ketika dikonfirmasi terkait pelimpahan berkas dari Polresta Banyuwangi mengenai proses tindak pidana kegiatan ilegal mining yang dilimpahkan ke pihak Kejaksaan belum bisa memberikan jawaban lantaran Jaksa yang menangani kasus tersebut masih libur.

"Waduh, Jaksanya masih pada liburan ini mas, Senin ya," jelas Margiono.

Reporter : Agus M Saputra