Loading...

Achmad Hidayat Politisi PDIP Upayakan Gotong Royong Cegah Penyakit DBD di Surabaya

Selasa : 17 Januari 2023 : 05:21:37 Editor: Redaksi
Achmad Hidayat Politisi PDIP Upayakan Gotong Royong Cegah Penyakit DBD di Surabaya
Politisi muda PDIP, Achmad Hidayat

SENTRALONE.ID | SURABAYA - Politisi muda PDIP, Achmad Hidayat memperhatikan betapa bahayanya penyakit demam berdarah dengue (DBD) ketika musim penghujan seperti sekarang ini.

Ia menyampaikan, perlunya membersihkan tempat-tempat yang rawan menjadi sarang nyamuk saat musim hujan.

"Saat musim penghujan terdapat genangan di mana-mana sehingga menjadi sarang nyamuk untuk berkembang biak," ujarnya.

Ketika ia turun mengecek langsung ke beberapa titik lokasi, khususnya perkampungan padat penduduk memang benar banyak masyarakat terserang DBD.

"Di kampung-kampung padat penduduk yang rumahnya berhimpitan, beberapa warga saya temui sedang dirawat karena terkena demam berdarah," kata Achmad, Senin (16/1/2023).

Oleh karena itu, Wakil Sekretaris DPC PDIP Surabaya ini mengajak seluruh elemen masyarakat bersama-sama melakukan pencegahan.

"Ini harus menjadi perhatian bersama," tegasnya.

Selain fogging, menurut dia, langkah yang bisa dilakukan masyarakat ialah memanfaatkan tanaman seperti lavender, serai dan lidah mertua, yang mana aroma ketiga tumbuhan itu tidak disukai nyamuk.

"Fogging itu hanya bisa dilakukan untuk memberantas nyamuk dewasa namun harus ditekankan dalam pada upaya pemberantasan sarang nyamuk (PSN)," jelasnya.

Di lain hal, ia juga berharap kader partai PDIP di Surabaya turut bergotong royong bersama masyarakat untuk mencegah penyebaran penyakit DBD.

"Kalau bisa kader-kader PDI Perjuangan menjadi pelopor bersama tokoh masyarakat, tokoh kampung dan ibu-ibu dalam gerakan 3M Plus, yaitu Menguras, Menutup dan Mendaur ulang limbah bekas," tukasnya. (mad)

 

Editor : Andik