Loading...

HUT TAGANA Ke-17, Bupati Serahkan Bansos dan Bibit Pohon Jati

Rabu : 24 Maret 2021 : 13:41:16 Editor: Ning Tiaz
HUT TAGANA Ke-17, Bupati Serahkan Bansos dan Bibit Pohon Jati
Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah

SENTRALONE.ID | BOJONEGORO - Keberadaan Taruna siaga bencana (TAGANA) tidak bisa lepas dalam perihal penanganan kebencanaan. Penanganan saat bencana dan pasca bencana bisa dilakukan dengan baik salah satunya karena unsur TAGANA yang selalu bersinergi bersama multi pihak.

Pada Peringatan HUT TAGANA Nasional yang diperingati setiap tanggal 20 Maret, peringatan HUT TAGANA ke-17 Kabupaten Bojonegoro tahun 2021 ini diselenggarakan pada hari Rabu (24/3/2021) bertempat di GOR Kecamatan Gondang.

Di awal tahun 2021 TAGANA Kabupaten Bojonegoro menunjukkan pengabdiannya dalam penanganan sosial dan kebencanan, salah satunya dengan mendirikan dapur umum di Desa Sumberarum Kecamatan Dander dalam penanggulangan pasca banjir bandang, penanaman seribu pohon bersama Ibu Bupati di Bose Park Sekar, mendirikan dapur umum guna membantu warga terdampak tanah longsor Desa Ngetos Kabupaten Nganjuk, dan mendirikan dapur umum untuk mendukung warga terdampak luapan air sungai anak pacal Kecamatan Gondang.

Pada kesempatan ini pula, prosesi peringatan HUT TAGANA ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah serta penyerahan bantuan sosial (bansos) secara simbolis 200 batang bibit pohon jati, seperangkat perlengkapan tidur (kasur, bantal, guling, pakaian) dan perlengkapan ibadah (mukena, sajadah, sarung, baju koko) dari Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro kepada empat perwakilan warga Desa Gondang yang terdampak pasca luapan air sungai anak pacal.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, siaga bencana bisa dikatakan siaga bencana alam dan non alam, perubahan alam saat ini sangat luar biasa dan hampir terjadi di beberapa belahan dunia termasuk juga di Indonesia. Seperti misal yang terjadi dalam beberapa hari ini yakni banjir Australia yang hampir menggenangi seluruh wilayah. Dalam hal ini pola hidup masyarakat harus semakin sadar betapa pentingnya pelestarian lingkungan dan sumber daya alam.

Dengan semangat HUT Ke-17 TAGANA ini Bupati mengajak kepada seluruh kader/relawan TAGANA untuk "selalu mengabdi kepada masyarakat bertindak secara cepat dan tepat, juga mengedapankan tindakan-tindakan yang sifatnya prefentif dan kuratif dalam hal penanganan bencana".

Begitu pula bencana non alam seperti pandemi covid 19 saat ini, TAGANA juga turut berpartisipasi menjadi bagian terhadap penanganan, pencegahan, sosialisasi, membantu gugus tugas tingkat Kabupaten, Kecamatan, maupun di tingkat Desa.(Bud)