Loading...

Gubernur Jatim : Stok Beras Aman di Gudang Bulog Buduran

Kamis : 25 Maret 2021 : 12:35:42 Editor: Ning Tiaz
Gubernur Jatim : Stok Beras Aman di Gudang Bulog Buduran
Gubernur Jatim saat mengecek beras yang ada di gudang Bulog, Buduran, Sidoarjo

SENTRALONE.ID | SIDOARJO - Jelang Ramadhan tiba, stok beras di gudang Bulog Sub Divre Surabaya Utara yang berlokasi di Buduran Sidoarjo ini dipastikan aman hingga tahun depan lantaran pada bulan ini dilakukan panen raya sehingga stok beras melimpah.

Dalam penyampaiannya, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa kedatangannya kali ini meninjau stok beras yang ada di Gudang Bulog Buduran, Sidoarjo. Apalagi panen raya akan berakhir di pertengahan April.

"Harapannya stok beras yang tadinya 1.500 ton perhari dapat bertambah menjadi 2.000 ton perhari. Dan ini cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat jelang puasa hingga bulan akhir bulan Mei," kata Khofifah.

Menurut rilis bulan Maret, saat ini produksi beras di Jatim lebih banyak dibanding Propinsi lain. Tadinya Jawa Tengah lebih unggul namun sekarang Jawa Timur teratas, ungkap Gubernur saat masih di gudang Bulog, Kamis (25/3/2021).

Khofifah menambahkan, perlu diketahui bahwa di Jatim untuk sentra produksi beras berada di wilayah Lamongan, Ngawi, Jember dan Bojonegoro. Sehingga diharapkan harga beras jangan sampai dibawah harga pokok beras (HPB), supaya tetap termonitor dan terantisipasi seiring dengan berjalannya upaya kesejahteraan masyarakat terutama petani.

"Sedangkan untuk persediaan sembako, jelang ramadhan dan lebaran dapat terkendali dan aman, meski ada dinamika harga bahan pokok, namun semua teratasi dengan baik," tutur Khofifah.

Sama halnya dengan yang disampaikan langsung oleh Nur Juliansyah Rahman atau sapaan akrabnya Anung selaku Kepala Kantor Bulog cabang Surabaya utara ini pastikan pasokan beras di kompleks pergudangan Bulog Banjarkemantren, Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur, aman selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19. Bahkan sampai tahun depan pasokan beras di gudang Bulog Surabaya Utara ini dipastikan aman.

Saat ini Stok beras di Bulog untuk bulan Maret mencapai 300 ton yang diambil dari para petani yang tersebar di Gresik Sidoarjo dan Surabaya. Bahkan pihaknya telah mengirimkan beberapa pasokannya ke wilayah Timur diantaranya Papua dan Maluku untuk mengantisipasi kemungkinan lonjakan kebutuhan pangan selama Ramadhan dan Idul Fitri serta saat menghadapi pandemi Covid-19.

Perum Bulog kantor Surabaya Utara memastikan pasokan beras untuk seluruh warga aman. Isu pasokan beras menipis tidak benar adanya. Stok beras yang ada di Bulog Jatim saat ini yang masuk sebesar 300 ton untuk bulan Maret ini dan yang tersedia di gudang Bulog Surabaya Utara ini sendiri masih ada 43 ribu ton beras, ujar Nur Juliansyah Rahman selaku kepala kantor Bulog cabang Surabaya Utara.

Meskipun terdapat beras yang di tolak masuk Bulog dari petani-petani di Gresik lantaran tidak sesuai dengan kriteria yang diwajibkan oleh Bulog, namun masyarakat tidak perlu khawatir karena jumlah itu sangat sedikit. Apalagi saat ini musim panen tiba sehingga stok beras semakin berlimpah di Gudang Bulog.(ty)